Minggu, 07 Februari 2010

Cara Kerja Computer

Cara Kerja Computer


By: Fery Nur Ismawan

E-mail: unyo_boy@yahoo.com


Pernahkan anda berfikir “gimana sih cara/ sistematika kerja computer itu? Seberapa rumitkah kerja computer itu?” mungkin pernah sekilas terpikirkan tetapi tidak pernah terjawab, kita hanya memikirkan untuk memiliki dan memakai computer yang super canggih dan super cepat tanpa memikirkan bagaimana computer tsb bekerja! Ya kan…?? Sekarang mari kita cari tahu gimana caranya.


Cara kerja computer, dimulai dari pertama kali computer dihidupkan, computer melakukan permulaan dengan proses POST (Power On Self Test) yaitu mengecek keadaan semua hardware yang berada dalam dirinya sendiri (computer tsb) dan memutuskan apakah sudah terkondisikan dengan baik atau belum, jika sudah maka akan berlanjut ke proses Booting (pencarian OS) apakah menggunakan Windows ataukah linux, kemudian menggunakan versi apa disinilah yang akan di cari oleh system computer. Untuk menemukannya tidaklah mudah karena system harus mengecek keberadaanya mulai dari Internal Memory kemudian Eksternal Memory sampai menumukannya pada HardDisk. Setelah menemukan OS (Operating System) barulah system dapat menampilkan kedalam system Output melalui layar monitor seperti yang biasa kita lihat.


Ternyata sistematika kerja computer sangat panjang dan rumit, tidak semudah seperti yang selama ini kita bayangkan, dan hebatnya pekerjaan yang sepanjang dan serumit itu dapat diselesaikan denagn sangat cepat.


Sekian dulu artikel dari saya, semoga apa yang saya tulis bisa bermanfaat bagi siapa saja yang membaca. Dan jangan lupa bagi yang sudah membaca untuk meninggalkan jejak yang akan saya kunjingi balik. Sekian……..




0 komentar:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP